14 Tanaman Rambat Untuk Dinding dan Pagar Yang Cantik

AtapCinta - Bingung dengan penampilan pagar rumah yang monoton dan tidak berwarna? Ada baiknya Anda menghiasinya dengan aspek-aspek cantik seperti tanaman rambat yang memenuhi permukaan pagar hunian Anda.

Mendengar istilah tanaman merambat, pasti ingatan kita akan langsung tertuju pada jenis tumbuhan alamanda dan sirih. Padahal, ada banyak jenis tanaman rambat yang bisa memperindah pagar rumah Anda.

Kini, jenis tanaman rambat tidak lagi identik dengan kelebatan daunnya. Banyak pemilik rumah memilih jenis tanaman merambat berbunga yang lebih memberikan warna yang berbeda pada pagar. Contoh tanaman bunga rambat yang disukai adalah jenis tanaman mata kucing,ouisqualisindica,mandevilla dan tanaman morning glory.

Yang populer untuk saat ini adalah tanaman petrea volubilis. Tanaman bunga ini memiliki ciri khas berwarna ungu cerah serta ketebalan daunnya bisa menciptakan kesan unik sekaligus indah saat dilihat.

Selain tanaman rambat berbunga, tanaman rambat perdu juga bisa digunakan untuk tampilan pagar rumah yang alami.

Jenis tanaman perdu rambat tidak memiliki bunga, misalnya tanaman berdaun ivy yang mempunyai daun lebar dan lebat. Warna hijaunya yang cerah bisa memberikan kesan teduh dan asri di depan rumah Anda.

Sebelum kita membahas jenis-jenis tanaman rambat yang cocok untuk pagar rumah, yuk kita bahas dahulu apa itu tanaman rambat dan jenis-jenisnya sehingga Anda bisa membuat dan merawatnya dengan baik dan benar.


Definisi Tanaman Merambat


Tanaman merambat merupakan jenis tanaman yang mempunyai akar yang tumbuh di dalam tanah dan batangnya tumbuh diatas permukaan tanah. Jenis tanaman rambat ini memiliki sifat percabangan atau adanya organ tertentu yang memungkinkan tanaman menjalar di media yang ada di dekatnya.


Jenis Tanaman Merambat


Berdasarkan cara tumbuhnya, tanaman ini bisa diklasifikasikan menjadi tiga, yakni:

Melilit


Golongan tanaman melilit ini dicirikan dengan batang tanaman yang melilit dan ada pula yang merambat dengan bantuan sulur di cabang samping ketiak daun. Yang termasuk dalam tanaman rambat jenis ini bisanya berbatang kecil, misalnya tanaman morning glory, passifloraceae dan cucubitaceae.

Akar Tempel


Jenis tanaman ini mempunyai akar tempel yang tumbuh di sepanjang batang yang berfungsi sebagai alat untuk lekatkan diri di tempat merambatnya. Contoh tanaman rambat ini antara lain ivy dan ficus pumila.

Setengah Merambat


Tanaman setengah merambat ini tumbuh menuju ke arah atas seperti memanjat, namun tidak tegak dan tidak mempunyai organ tertentu untuk merambat. Jenis tanaman ini mempunyai cabang dengan arah pertumbuhan merayap tergantung pada media tempat tumbuh. Contoh jenis tanaman hias rambat ini adalah mawar rambat (climbing rose), melati dan tanaman alamanda.


Cara Penanaman dan Perawatan Tanaman Rambat Untuk Pagar


Cara merambat tanaman ini beragam, ada yang mudah merambat di sekitar pagar sehingga tidak memerlukan bantuan tali pengikat, ada pula terdapat jenis tanaman yang harus diikat untuk mendapatkan bentuk rambatan yang sempurna. Tanaman rambat bisa ditanam dengan jarak tertentu, tergantung dengan bentuk rangka pagar untuk tempat merambat. Anda bisa menanam di detak tiang-tiang rangka pagar perambatan. Tahan-tahap penanaman pagar tanaman rambat yakni sebagai berikut.


  1. Jika pagar berukuran besar, maka disarankan untuk memakai tanaman rambat yang berdaun lebar (alamanda,passiflora,dll). Namun, jika pagar berukuran kecil, pilih jenis tanaman dengan daun dan bunga kecil seperti melati belanda dan air mata pengantin. Mengapa harus disesuaikan dengan ukuran pagar? Hal ini bertujuan untuk membuat tampilan seimbang sehingga pagar terlihat cantik.
  2. Tanah yang akan ditanami tanaman rambat harus dibersihkan terlebih dahulu.
  3. Buat lubang dekat pagar bawah, kemudian masukkan campuran tanah dan bahan organik dengan perbandingan 2:1 pada lubang tersebut.
  4. Setelah itu tanam jenis tanaman rambat yang Anda pilih pada lubang tanaman yang sudah Anda persiapakan tadi.
  5. Pahami karakteristik jenis tanaman rambat yang akan Anda tanam. Tanaman rambat seperti daun dolar, akarnya bisa menempel pada pagar dinding maka tidak memerlukan tumpuan tambahan untuk merambat. Sementara itu, tanaman rambat seperti morning glory dan alamanda harus dililitkan pada pagar atau kawat agar tanaman ini bisa melilit pagar sesuai dengan keinginan saat tumbuh nantinya. Dibutuhkan sekitar 2-3 polybag tanaman merambat yang ditanam untuk jarak sekitar 1 meter.
  6. Siramlah tanaman secara teratur setiap hari sehingga kelembapan tetap terjaga. Anda bisa memberi pupuk urea, KCL dan TSP masing-masing sebanyak 5 gram satu bulan sekali untuk menjaga kesuburan tanah. Hal ini akan mempercepat tanaman akan tumbuh merambat di media pagar tersebut.
  7. Tanaman tambat perlu di-trim seperti halnya rambut. Lakukan minimal 2 minggu skali sehingga bentuknya tetap cantik di pagar rumah Anda.
  8. Untuk jenis tanaman merambat yang akarnya masuk ke dalam tembok pagar, sering-seringlah dirawat agar akar tanaman tidak merusak pagar tembok hunian Anda.
  9. Anda bisa melakukan pengikatan tanaman pada rambatan agar bisa mengatur bentuk dan arah tanaman sesuai dengan kemauan Anda.
  10. Jenis tanaman merambat ini menyukai sinar matahari langsung. Jadi, pastikan sinar matahari cukup untuk menerangi tananaman rambat pagar.

Dinding dan Pagar Rumah Yang Cantik Dengan Tanaman Rambat


Anda masih bingung dalam memilih tanaman rambat untuk pagar rumah Anda? Coba hiasi dengan tanaman-tanaman indah berikut ini. Dijamin, pagar rumah akan menjadi lebih cantik.

Mandevilla

tanaman rambat

Mandevilla meruapakan salah satu tanaman rambat tahan panas yang berbunga kuning, putih, merah muda, dan merah. Batangnya tidak selalu mengikuti sulur jadi sesekali perlu ditali dengan rafia, jika ingin tumbuhnya mengikuti alur pagar rumah. Para pemilik rumah kian banyak menggunakan tanaman rambat ini karena kuat menahan serangan hama serangga dan juga mudah tumbuh di iklim tropis.

Wisteria

tanaman rambat dinding

Ingin tanaman merambat pagar yang eksklusif? Wisteria bisa menjadi pilihan yang menarik. Namun, tanaman ini termasuk tumbuhan subtropis, jadi akan cukup sulit menanamnya di Indonesia. Oleh karena itu, dibutuhkan ketelatenan dalam perawatannya, terutama saat proses pembibitan dan pemindahan ke tanah. Tanaman rambat pagar berkayu ini bisa tumbuh hingga sepanjang 20 meter sampai usia ratusan tahun. Sayangnya wisteria cukup mahal karena sulit dibiakkan.

Petrea Volubilis

tanaman rambat untuk atap

Petrea adalah tanaman hias merambat untuk pagar dengan warna dominan ungu kebiruan (Petrea Volubilis). Ada juga yang berwarna putih (Petrea Arbiflora). Tanaman ini sangat cantik dan bunganya sangat lebar diseluruh batang. Petrea merupakan tanaman rambat yang berbunga terus yang cocok untuk area pagar rumah Anda.

Air Mata Pengantin

tanaman rambat di dinding

Sebenarnya tanaman berbunga kecil ini merupakan salah satu gulma. Namun, karena dari segi keindahan dan kemudahan dalam perawatannya, tanaman hias rambat ini bisa menjadi penghias area pagar rumah Anda. Air mata pengantin mempunyai karakteristik pertumbuhannya yang sangat cepat.

Bunga Clementis

tanaman merambat tembok

Untuk Anda yang ingin memberikan aksen warna pada pagar, bunga clementis bisa menjadi pilihan tepat untuk menghadirkan suasana cantik dengan kelopak bunganya yang berawarna keunguan.

Soapwort

tanaman rambat indoor

Sifatnya tahan panas dan lembat sekaligus membuatnya menjadi tumbuhan merambat yang disukai banyak orang. Tanaman ini membutuhkan paparan sinar matahari langsung untuk tetap hidup.

Golden Moneyworth

tanaman rambat hias

Anda bisa menggunakan jenis tanaman ini untuk permukaan pagar. Sifatnya yang cepat merambat dan tidak memerlukan intensitas perawatan yang tinggi, membuat pemilik rumah suka menghiasi rumah dengan tanaman ini.

Melati Irian

tanaman rambat bunga

Cantik sekali untuk hiasan pagar rumah dengan ciri tanaman yang kecil dan bergerombol.

Bugenvil / Bunga kertas

tanaman merambat cepat tumbuh

Bunga ini memiliki beragam warna yang unik dan lebat seperti oranye, merah, pink dan juga ungu. Jika tua, batang tanaman bugenvil akan mengeras. Untuk itu, trim-lah agar bentuknya tetap indah.

Daun Dolar

tanaman merambat cantik

Jenis tanaman merambat yang mempunyai helaian daun yang cukup menarik.

Morning Glory

tanaman rambat gantung

Jenis tanaman berbunga merambat yang sangat indah untuk dijadikan hiasan pagar. Bunga ini akan mekar pada pagi hari dan mengeluarkan aroma kesegaran sekitar pagar rumah.

Mandavela

tanaman merambat hias

Batang mandavela sangat cepat untuk tumbuh.

Sirih Merah

tanaman rambat pagar

Sirih merah termasuk jenis tananan rambat. Cukup indah ditempelkan ke dinding pagar atau batang pohon lain.

Perindah Sekitar Pagar Tanaman Rambat Rumah Anda


Anda bisa menempatkan lampu taman sorot kecil di belakang pagar rumah, cahaya kuning-nya yang redup akan menciptakan siluet gambar yang dramatis untuk tanaman merambat rumah Anda. Selain itu, tambahkanlah ornamen-ornamen lain agar tampilan pagar tanaman merambat rumah Anda tidak terkesan polos. Anda bisa menambahkan patung dan batu-batu alam.

Jika Anda ingin menempatkan patung di belakang pagar untuk menambah aksen tanaman rambat, perhatikan ukuran patungnya. Kalau menggunakan patung yang cukup besar, bisa diletakkan di tengah. Namun jika menggunakan patung-patung ukuran kecil, Anda bisa meletakkan di antara tembok pagar rumah. Jadi selamat berkreasi untuk membuat tanaman rambat untuk pagar rumah idaman Anda, ya!

Selamat Berkreasi..

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 14 Tanaman Rambat Untuk Dinding dan Pagar Yang Cantik

1 komentar: