11 Desain Pot Bunga Minimalis Yang Bagus

AtapCinta - Salah satu cara untuk menghadirkan suasana asri di sekitar rumah adalah dengan membuat tanaman bunga dalam pot. Pada umumnya, jenis tanaman yang digunakan dalam pembuatan tanaman dalam pot berupa tanaman yang berukuran kecil dengan pertumbuhan yang lambat.

Daya tarik tanaman hias bunga terletak pada bentuk, warna, aroma dan keindahan bunganya. Berikut ini beberapa jenis tanaman bunga yang sering ditanam dalam sebuah pot.

  • Abutilon
  • Antirrhinum
  • Begonua
  • Dianthus
  • Euphorbia
  • Gerbera
  • Kalancu
  • Pentas
  • Petunia
  • Tapak Dara
  • Torenia

Dalam satu kesatuan taman dalam pot, elemen pot bisa menjadi hal yang penting. Pot bisa dipilih disesuaikan dari material dan desain sesuai dengan kebutuhan.

Contoh Pot Bunga Yang Untuk Indoor dan Outdoor Rumah


Berikut ini beberapa inspirasi pot bunga minimalis terbaru:


pot bunga minimalis dari beton



pot bunga minimalis




membuat pot bunga minimalis



pot bunga minimalis indoor



desain pot bunga minimalis


pot bunga minimalis dari kayu




bentuk pot bunga minimalis


contoh pot bunga minimalis




cetakan pot bunga minimalis



pot bunga kayu minimalis

Memilih Desain Pot Bunga Yang Baik

Bagaimana bentuk desain pot bunga minimalis diatas? Menarik bukan? Sebelum memutuskan untuk memilih pot bunga, berikut ini ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.


  1. Perhatikan material dasar pot. Pot dengan material plastik yang baik bukanlah berasal dari plastik daur ulang. Jika pot yang dipilih berasal dari proses daur ulang, maka perhatikan keuletan pada sisi bibir pot yaitu dengan cara menekan kearah dalam-luar. Jika permukaan bibirnya tidak terdapat retakan berarti pot bunga tersebut bagus. Sementara, untuk pot bunga yang berbahan keramik, tanyakan kepada penjual apakah pot tersebut dibuat dengan proses pembakaran atau tidak. Pot bunga minimalis berbahan keramik dengan proses pembakaran akan lebih kuat dibandingkan dengan pot yang tanpa dibakar terlebih dahulu.
  2. Sesuaikan diameter pot bunga dengan tanaman hias bunga yang ditanam. Jika tanaman yang ditanam dengan maksimal tumbuh sedang maka pilihlah pot berdiameter maksimal 50 cm. Namun bila tanaman yang ditanam memilki tingkat tumbuh yang tinggi maka desain pot yang dipilih berdiameter 100 cm atau lebih. Pastikan bahwa ruang pot untuk media tanaman bisa memenuhi keleluasaan akar tanaman untuk melakukan tumbuh kembang.
  3. Perhatikan lubang saluran air pada dasar bawah pot. Saluran air yang baik haruslah dalam kondisi terbuka secara penuh dan berjumlah minimali 5 lubang. Saluran air yang tidak baik (kurang dari 5 lubang) berakibat air pada saat penyiraman tidak bisa keluar sehingga menggenangi dasar pot bunga yang mengakibatkan batang dan akar tanaman menjadi busuk.
  4. Pastikan kaki pot bunga tidak terlalu tinggi. Kaki pot yang ideal ukuran 5 mm untuk diameter pot 20 cm kebawah dan tertinggi kurang lebih 1 centimeter untuk semua jenis ukuran pot. Pemilihan kaki pot yang sesuai dengan jenis tanaman bunga akan membantu terhadap persediaan air dalam media tanam karena ada beberapa jenis tanaman yang akarnya menyukai kondisi kelembapan yang tinggi, sehingga adanya kaki pot bisa menjadi peyedia air bagi media tanam.
  5. Perhatikan harga pot bunga yang dipilih. Harga sebuah pot bunga minimalis sangatlah bervariasi. Sesuaikan dengan jenis tanaman yang akan ditanam dan juga kondisi keuangan Anda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 11 Desain Pot Bunga Minimalis Yang Bagus

1 komentar: