11 Desain Kos Kosan Modern Yang Bagus dan Sehat

AtapCinta - Rumah kos yang berada di masyarakat kini mulai mengikuti trend terbaru, mulai dari proses perencanaan desain hingga penyesuain dengan luas lahan yang tersedia.

Tampilan fasad dan interior rumah kost didesain menggunakan model terkini. Penataan antar ruang pun tidak kaku lagi. Meskipun demikian, faktor keamanan dan kenyamanan penghuni kos harus menjadi perhatian utama.

Pada dasarnya, teradapat dua tipe desain kos kosan berdasarkan pemiliknya. Pertama, rumah kos kosan menyatu dengan rumah pemiliknya (bapak/ibu kos). Kedua, desain rumah kost yang berdiri sendiri tanpa rumah induk pemilik rumah. Rumah kos yang berdiri sendiri biasanya diterapkan untuk memaksimalkan jumlah kamar kost atau memaksimalkan lahan, khusunya lahan kost yang berukuran terbatas.

Berikut ini beberapa ide desain kos kosan sebagai bahan inspirasi bagi setiap orang yang ingin mendirikan usaha rumah kost. Aneka rumah kost dari model minimalis, modern, simpel hingga kontemporer.



desain kos kosan 3 lantai


desain kos kosan




desain kos kosan 10 kamar



desain kos kosan 2 lantai



desain kos kosan mewah



desain kos kosan sederhana



desain kos kosan 2 lantai minimalis


desain kos kosan modern



desain kos kosan kamar mandi dalam



desain kos kosan minimalis





Tips Dalam Membanguan Rumah Kos Kosan Yang Sehat, Aman dan Nyaman


Kamar Tidur Kost


Area ini merupakan area penting dalam sebuah hunian kos-kosan. Anda harus memastikan ruangan ini mendapat pencahayaan dan sirkulasi udara yang baik. Ukuran kamar tidur kos minimal 2.5 m x 3 m dengan asumsi furniture yang ditempatkan berupa 1 single bed, lemari baju dan meja belajar. Jika Anda merasa mempunyai lahan yang yang cukup, luas kamar tidur bisa dirancang sesuai dengan kebutuhan.

Sesuaikan jumlah kamar kos dengan luas lahan yang tersedia. Pastikan kebutuhan ruang minimal untuk penghuni kos terpenuhi dengan baik. Jangan sampai Anda hanya mengejar keuntungan saja dengan mengorbakan ruangan yang tidak standar yang justru mengurangi kenyamanan.

Fasilitas dalam kamar kos juga harus diperhitungan dengan target penyewa kamar kos-kosan Anda. Untuk kalangan yang sudah bekerja, Anda bisa memberikan fasilitas tambahan berupa kamar mandi dalam yang bagus, akses internet, dan lain sebagainya.

Ruang Bersama


Pastikan Anda mempunyai satu ruang khusus untuk tempat bersantai, berkumpul dan berinteraksi antar penghuni kos. Anda bisa mendesain set interior ruangan berupa tempat duduk berupa bench atau kursi sofa dengan meja. Jika memungkinkan Anda bisa memberikan fasilitas TV bersama
yang bisa menciptakan suasana yang menyenangkan dalam rumah kost.


Kamar Mandi


Fasilitas penting yang wajib ada dalam desain rumah kos kosan. Anda harus merencanakan dengan matang untuk membuat kamar mandi luar atau kamar mandi dalam yang menyatu dengan kamar tidur. Jika Anda memutuskan untuk membuat kamar mandi luar, maka sebaiknya menggunakan perbandingan 1:3 antara jumlah kamar dan kamar mandi luar. Misalnya, jika Anda membuat kamar kos sejumlah 9 kamar, maka sebaiknya membuat 3 kamar mandi luar.

Sementara itu, untuk kamar mandi dalam sebaiknya dirancang dengan baik dengan membuat ventilasi langsung keluar rumah. Buatlah layout kamar mandi kost yang sederhana, efesien namun bersih dan nyaman. Fasilitas standar kamar mandi harus diperhatikan seperti: ketersediaan shower atau bak, kloset, gantungan dinding dan lain sebagainya.

Sediakan Fasilitas Penunjang


Pastikan desain kos tersedia pekarangan yang baik untuk area parkir kendaraan, teras dan taman depan. Penghuni kost akan nyaman dengan fasilitas parkir motor/mobil yang berada dalam halaman rumah kost.

Area Servis


Fasilitas area servis ini meliputi ruang cuci dan jemur. Tidak semua penghuni kost menggunakan fasilitas laundry untuk membersihkan pakaian mereka. Jadi, Anda harus membuat area ini dalam proses perencanaan awal.

Area Selasar


Desain rumah kos kosan yang sehat terdapat area selasar yang menjadi pembatas antar kamar dengan lebar minimal 1,2 meter untuk area sirkulasi udara. Jangan sampai interior kamar kos menjadi sumpek, panas dan tak nyaman karena space antar kamar sempit. Jadi, selasar bisa menjadi solusi terbaik.

Itulah beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam merancang sebuah desain rumah kos baik 1 atau 2 lantai.

Jangan ragu untuk membidik "kelas" penghuni kost yang lebih tinggi dengan menyediakan aneka fasilitas tambahan. Anda tentu bisa membuat ruang tidur kos seperti apartemen studio yang membidik kelas pekerja well paid atau pasangan suami istri.

Jadi, Selamat membangun rumah kos idaman Anda ya!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 11 Desain Kos Kosan Modern Yang Bagus dan Sehat

3 komentar:

  1. wah keren-keren sekali ya gambarnya, pengen buat seperti ini nanti untuk kantor penyewaan infocus di pekanbaru

    BalasHapus
  2. wow menarik juga untuk desain kost, Pubiway jadi pengen bikin juga

    BalasHapus
  3. artikelnya sangat bermanfaat, jangan lupa kunjungi website kami juga ya di https://jasakontraktor-architectjogja.com/ Semoga sukses selalu 😊

    BalasHapus