14 Tanaman Hias Dalam Ruangan / Indoor Terbaik

AtapCinta - Rumah akan terasa nyaman bila udaranya sejuk dan bersih.

Namun, kebanyakan rumah sekarang, udaranya sudah tak bersih lagi akibat pencemaran udara. Orang dewasa yang sering merokok di dalam rumah adalah sumber utama terjadinya pencemaran udara. Pencemaran lainnya berasal dari asap sisa memasak di dapur.

Kalau sirkulasi udara di rumah Anda tidak baik, maka asap sisa memasak bisa mengotori udara di ruangan yang lain.

Untuk membersihkan udara di dalam rumah, Anda bisa menggunakan tanaman hias indoor.

Tanaman hias yang biasanya berfungsi untuk memperindah rumah, juga bisa difungsikan lain sebagai pembersih udara dalam ruangan. Dengan demikian, udara di dalam rumah menjadi lebih segar dan sejuk.

Kriteria Tanaman Dalam Ruangan


Tiga aspek utama yang perlu Anda perhatikan ketika memutuskan untuk menghadirkan tanaman dalam ruangan:


Suhu Udara Ruangan Yang Sesuai


Perhatikan kondisi ruangan yang mempunyai suhu udara alami dengan ruangan yang memiliki pendingin udara (AC). Idealnya tanaman pot dalam ruang dapat tumbuh dalam suhu udara alami.

Namun, ada juga beberapa jenis tanaman yang cocok diletakkan pada ruangan ber-AC yang dingin dan kering. Jenis tanaman dalam ruangan ac seperti lidah mertua, beringin bonsai dan sirih gading.


Ruangan Mendapat Sinar Matahari


Tanaman dalam ruangan juga membutuhkan sinar matahari meskipun sedikit. Oleh karena itu, pastikan ruang tempat Anda meletakkan tanaman indoor mempunyai jendela dan bukaan yang cukup.


Kenali Jenis Tanaman Yang Tahan Terhadap Kekeringan


Anda harus mengenali jenis tanaman yang bisa bertahan dalam kondisi basah atau kering. Hal ini berpengaruh dalam menentukan teknik penyiraman yang sesuai dengan jenis tanaman tersebut.

Tanaman Hias Indoor Berfungsi Pembersih Udara


Memilih tanaman hias indoor yang tepat untuk dipakai sebagai pembersih udara memiliki banyak pilihan. Namun, yang paling bagus adalah tanaman dengan banyak daunnya. Kalau tanaman berbunga sepertinya tidak bisa untuk membersihkan udara di dalam rumah karena mereka membutuhkan sinar matahari yang cukup.

Sementara, tanaman hias berdaun lebat lebih mampu bertahan di dalam rumah dan minim perawatan.

Anda bisa menempatkan tanaman hias indoor pada ruangan-ruangan tertentu, seperti ruang tamu, ruang keluarga, kamar tidur, dapur, hingga ruang kerja. Kalau Anda ingin kamar mandi Anda terkesan alami, Anda juga bisa menempatkan tanaman hias di sana.

Namun, alangkah baiknya jika tanaman hias indoor ini ditempatkan di area dengan aktivitas yang padat seperti ruang tamu, ruang keluarga, kamar tidur, dan dapur.

Kira-kira tanaman hias seperti apa ya yang bisa membersihkan udara? Tanaman hias indoor untuk pembersih udara bisa didapatkan dengan mudah di penjual tanaman di dekat rumah Anda. Sebab, tanaman hias jenis ini sangat melimpah di Indonesia dan harganya pun sangat terjangkau. Bahkan, ada tanaman hias yang bisa Anda dapatkan dari pekarangan Anda.

Berikut beberapa tanaman hias indoor pembersih udara yang bisa menjadi referensi Anda.


1. Palem Kuning

Ruangan akan terasa indah dan segar bila ada palem kuning.Tanaman ini mampu bertahan sekitar 1 minggu di dalam ruangan sehingga sangat cocok untuk memperindah tampilan interior rumah Anda.
tanaman dalam ruangan

2. Lili Paris

Termasuk dalam tanaman semak yang indah untuk diletakkan dalam ruangan. Tidak hanya diletakkan pada lantai ruangan, lili paris juga sangat cocok untuk dijadikan tanaman hias gantung dalam ruangan.
tanaman dalam ruangan ac

3. Anggrek

Cantik untuk ditempatkan dalam interior rumah. Namun, perawatannya cukup sulit dan merepotkan. Tanaman anggrek ini bisa membersihkan udara pada malam hari. Anggrek bisa bernafas dan mengeluarkan oksigen pada malam hari sehingga suasana ruangan menjadi segar.
tanaman dalam ruangan tanpa sinar matahari

4. Lidah Mertua

Tanaman populer berdaun tebal dengan bentuk daun seperti pedang. Tanaman indor ini mempunyai ketahanan yang kuat di ruangan berpendingin udara. Merupakan tanaman hias indoor penyerap polutan di dalam ruangan.
tanaman dalam ruangan kantor

5. Lipen

Nama latinnya dieffenbachia. Perawatan cukup mudah. Tanaman ini bisa diletakkan pada pot bunga yang berwarna polos dan ditempatkan dekat jendela yang tidak terkena sinar matahari langsung namun juga tidak kekurangan cahaya.
tanaman dalam ruangan terbaik

6. Anthurium

Tanaman hias mini dalam ruangan yang sesuai ditempatkan pada lokasi indoor karena tidak membutuhkan banyak ruang dalam penempatannya. Tanaman ini bisa menjadi penghias di dekat jendela dapur rumah atau bisa diletakkan pada meja sudut ruang tamu.
tanaman dalam ruangan ber ac

7. Karet Kebo

Tanaman ini mempunyai daun yang licin, tebal dan berwarna hijau. Salah satu jenis tanaman dalam ruangan untuk kesehatan karena getahnya bisa digunakan untuk obat bisul. Perawatan dari rubber plant cukup dengan mengelap daunnya agar tidak tampak kusam dan berdebu.
tanaman dalam ruangan pengusir nyamuk

8. Monstera Delicosa

Salah satu jenis tanaman berdaun melebar yang unik. Monstera merupakan jenis tanaman hias indoor dan outdoor. Untuk dijadikan indoor, bisa dimasukkan dalam pot dan diletakkan pada ruangan yang mempunyai suhu alami bukan AC. Rajinlah untuk memangkas karena tanaman ini cepat tumbuh dengan lebat.
tanaman dalam ruangan malam hari

9. Pakis Boston

Pakis Boston mampu membersihkan dan melembabkan udara. Tanaman hias indah ini sangat cocok bila diletakkan di kamar tidur. Pasalnya, tanaman ini dapat membuat udara lebih lembab yang baik untuk kulit Anda. Anda juga bisa meletakkan Pakis Boston di kamar mandi, karena tanaman hias ini menyukai area yang lembab.
tanaman dalam ruang kantor

10. Heart-Leaf Philodendron

Tanaman Heart-Leaf Philodendron memiliki bentuk daun yang sama dengan sirih. Namun, daun Heart-Leaf Philodendron beracun sebab mampu menyerap polutan-polutan di udara dengan sangat kuat. Biasanya, daun Heart-Leaf Philodendron akan merambat ke bawah mirip sirih gading bila sudah dewasa.
tanaman anti polusi dalam ruangan

11. Peace Lily

Tanaman hias lainnya yang sangat bagus untuk pembersih udara adalah bunga Peace Lily. Bunga ini berwarna putih mirip seperti kuncup tulip. Anda dapat menempatkan bunga Peace Lily di sekitar jendela untuk menambah asupan oksigen.
tanaman dalam ruang ac

12. Aglonema

Aglonema adalah tanaman hias yang sangat terkenal di Indonesia. Biasanya, kebanyakan warga Indonesia menyebutnya Sri Rejeki. Tanaman untuk ruangan tertutup ini mempunyai ciri khas daun berwarna putih dan corak-corak hijau menyebar di permukaannya. Tanaman hias Aglonema sering ditanam di ruangan kantor dan perhotelan karena dapat bertahan lama walau berada di ruangan ber-AC. Kelebihan lainnya, Aglonema dapat menyerap benzena dan formaldehida di udara.
tanaman hias dalam ruangan ac

13. Sirih Gading

Sirih mempunyai berbagai jenis. Ada sirih yang bisa dipakai untuk pengobatan, ada pula sirih yang bisa untuk membersihkan udara. Nah, sirih yang bisa membersihkan udara di dalam rumah dinamakan sirih gading. Tanaman hias indoor ini bisa ditanam dengan media air. Nantinya, kalau sudah tumbuh lebat, maka sirih gading akan merambat dan menjuntai ke bawah. Jadi, kalau sudah panjang, Anda bisa menggunakan pot gantung, agar sirih gading terlihat lebih indah.
contoh tanaman dalam ruangan

Demikian beberapa tanaman hias indoor sebagai pembersih udara yang bisa menciptakan rumah ramah lingkungan. Apakah Anda sudah mempunyai salah satunya? Silahkan komentar dibawah ini ya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 14 Tanaman Hias Dalam Ruangan / Indoor Terbaik

1 komentar: