15 Ide Membuat Taman Di Balkon Rumah

AtapCinta - Balkon selalu identik dengan area yang kosong dan gersang. Hal ini membuat penghuninya merasa hambar ketika menginjakkan kaki di sana.

Padahal, balkon bisa menciptakan kesan asri dan alami apabila ditambahkan taman.

Ya, taman minimalis di balkon bisa membuat udara di rumah Anda terasa sejuk, apalagi jika balkon tersebut bersebelahan dengan kamar Anda.

Kalau pagi Anda bisa membuka pintu atau jendela lebar-lebar untuk merasakan sejuknya udara pagi dari taman kecil di balkon.

Selain dapat mempercantik rumah, taman minimalis ini tentunya sangat baik bagi sirkulasi udara di rumah Anda. Rumah yang baik adalah rumah yang bisa menerima sinar matahari dan sirkulasi udaranya lancar.

TANAMAN HIAS UNTUK BAKON RUMAH


Intinya jangan pernah membiarkan balkon di rumah Anda kosong begitu saja. Cobalah menambahkan desain taman agar terlihat lebih indah dan sedap dipandang mata. Anda tak perlu bingung untuk menanam tumbuhan apa di balkon karena berbagai jenis tumbuhan dan bunga bisa ditanam di balkon, bahkan balkon yang sempit sekalipun. Asalkan, tumbuhan itu berupa tanaman hias yang tumbuh di dalam pot.

Tanaman pot bersifat praktis dan fleksibel. Letaknya gampang disesuaikan dengan kebutuhan. Dengan dekorasi yang pas, tanaman-tanaman dalam pot pun bisa secantik taman di halaman.

Tanaman pot lebih mudah dirawat dan tidak mengotori balkon. Namun, Anda juga harus pilih-pilih tanaman pot yang pertumbuhannya tidak terlalu agresif. Pasalnya, jika Anda menanam tumbuhan yang agresif maka Anda akan direpotkan untuk memangkas tumbuhan tersebut.

Lebih baik lagi, jika Anda memilih tumbuhan berupa sayur-sayuran. Jadi, selain dapat memberikan efek alami pada balkon, sayur-sayuran tersebut bisa Anda konsumsi bersama keluarga. Tak hanya itu saja, selain memerhatikan pemilihan tanaman yang cocok di balkon , ada beberapa hal lain yang juga harus diperhatikan, seperti tata letak, ukuran tanaman, desain pot, dan lain-lain.

Berikut beberapa tips membuat taman diatas balkon.

Pemilihan Jenis Tanaman


Untuk membuat taman mini di balkon, Anda harus memerhatikan beberapa jenis tanaman. Biasanya, balkon yang sempit sangat cocok ditanami tanaman berbunga atau tanaman hias di dalam pot. Namun, Anda harus memilih beberapa jenis tanaman yang tidak berulat dan minim perawatan. Di samping itu, pilihlah tanaman yang tidak menjalar agar taman selalu terlihat rapi dan bersih.

Anda bisa menanaman tanaman kamboja dan tumbuhan rambat hijau lainnya yang bisa membuat nuansa teduh di balkon. Tanaman hias kamboja jepang atau adenium mudah perawatannya dan bisa tumbuh baik di dalam pot.

Tanaman ini sangat cocok ditempatkan di area yang terkena sinar matahari langsung. Jadi, sangat pas untuk menghiasi balkon rumah Anda.

Bagi Anda yang tidak ingin menggunakan tanaman berbunga. Tanaman jenis merambat seperti mandevilla sangat cocok diletakkan di media pot. Selain itu, perawatan tanaman merambat harus dilakukan minimal dua minggu sekali untuk menjaga keindahan teras di lantai dua.

Ukuran Tanaman


Kalau tentang ukuran tanaman tergantung selera masing-masing. Namun, Anda harus menyesuaikan luas balkon rumah Anda. Jika memang berukuran kecil, Anda harus memilih ukuran tanaman yang kecil-kecil. Kalau cukup besar, ditanami tumbuhan yang besar di salah satu pojok balkon juga bagus. Yang penting jangan terlalu tinggi. Hal ini akan membuat taman Anda tidak terlihat indah, justru menyeramkan kalau dipandang dari luar.

Ukuran tanaman disesuaikan dengan penataanya.


Dekorasi tanaman bisa dilakukan di atas rak, yang dibuat menjulur sepanjang 40 cm, ke luar bangunan. Rak terbuat dari rangka besi berdiameter 10 mm, dan ditambatkan di bagian bawah pagar balkon. Supaya rangka besi ini kuat menahan beban tanaman, rak ditempelkan ke dinding menggunakan dinabolt.
Desain Pot

Memilih desain pot juga tak kalah penting. Apalagi untuk warna pot itu sendiri. Lebih baik, warna pot menyesuaikan dengan pagar atau dinding balkon Anda. Sementara, desainnya, bisa ditaruh di rak-rak pot, di tata rapi di lantai, atau di gantung. Anda bisa menggantung pot-pot bunga di pagar atau di dinding agar taman balkon Anda terlihat lebih menawan.

Dudukan pot, sekaligus alas rak, Anda bisa menggunakan kawat yang berukuran 2cmx2cm. Kawat tersebut diikat dengan rangka besi menggunakan clamp. Lubang kawat berfungsi sebagai celah, untuk mengalirkan air dari dalam pot atau air hujan.

Namun, perhatikan pula untuk lokasi penggantungan pot bunganya, jangan sampai berada di atas kepala Anda. Hal ini untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan. Soalnya, banyak orang yang cedera karena terbentur pot tanaman gantung.

Pengairan dan Drainase


Harap diingat, tanaman di balkon membutuhkan penyiraman secara teratur karena pot akan cepat mengering karena berada di bawah sinar matahari langsung dan juga embusan angin. Sebuah kran di teras balkon biasa menjadi solusi.

Air yang mengalir dari pot tanaman ke balkon akan menjadi biang masalah jika Anda tidak mempunyai pengaturan downpipe, yaitu pipa khusus aliran untuk air hujan yang akan dikonversi ke dasar selokan. Anda juga harus memikirkan  kelebihan air tersebut agar tanaman balkon juga tidak terendam banyak air dan akarnya tidak menjadi busuk.

Pemilihan jenis tanaman yang tidak membutuhkan perawatan ekstra bisa menekan permasalahan ini.

Mari Berkebun di Balkon Rumah Anda


Sulap balkon rumah Anda menjadi taman sayur yang asri. Sangat mudah membuatnya, karena Anda hanya perlu menyediakan wadah ataupun pot tanaman untuk tempat bertanam.

Berikut ini beberapa tips dalam membuat taman sayur di baklon. Anda bisa membuat sebuah taman unik sesuai dengan tanaman favorit berkebun Anda.

  • Gunakan jenis tanaman yang mudah dalam perawatannya seperti tomat, timun, lada, lettuce, buncis atau bayam. Anda bisa kreatif untuk menanamya di pot dan disusun untuk menghiasi balkon rumah Anda.
  • Perhatikan ukuran pot untuk wadah tanaman sayur Anda. Sesuaikan dengan besar dan kecilnya tanaman sayuran. Contohnya tomat memerlukan wadah pot yang berukuran 18 inci, sementara lada lebih pas dengan pot berukuran kecil.
  • Sistem pengairan di dalam pot perlu diperhatikan. Sebelum ditaburi media tanam, lebih dulu berikan batu kecil-kecil atau kerikil di dasar pot.
  • Gunakan kompoas pada media tanam untuk menyuburkan tanah.
  • Sama seperti tanaman hias, Anda tetap harus melakukan penyiraman setiap hari dan letakkan tanaman di tempat yang sesuai dengan kebutuhannya. Misalnya tomat meerlukan tempat yang selalu terkena sinar matahari, sedangkan sayur bayam dan lettuce lebih baik diletakkan di tempat yang sedikit teduh. Pastikan tanaman sayur di balkon rumah Anda mendapatkan cahaya matahari langsung minimal 6 jam dalam sehari.
  • Manfaatkan tralis dan pagar balkon sebagai tempat merambat dan penopang tanaman sayuran Anda, seperti tomat, timun atau buncis. 

 KUMPULAN TAMAN INDAH DI BALKON YANG INSPIRATIF

Jika balkon rumah Anda luas, contoh desain taman dibawah ini adalah inspirasi yang bagus. Furniture kayu yang unik bisa Anda tempatkan diarea ini. Sambil berkebun Anda juga bisa bersantai bersama keluarga.

taman di balkon

Desain pot gantung yang unik bisa membuat tampilan balkon rumah Anda menjadi keren. Anda juga bisa membuat pajangan hias pada dinding teras balkon.
taman di balkon sempit
Dengan taman yang tertata cantik kini teras balkon Anda bisa lebih sejuk dan indah dengan tanaman yang ditanam di dalam pot. Anda bisa menempatkan kursi untuk tempat bersantai sambil memandang dedaunan hijau dan bunga yang mekar warna-warni.
taman di balkon atas
Jika Anda tinggal di apartemen, dekorasi taman kecil di balkon seperti foto dibawah ini bisa menjadi referensi.
taman di balkon apartemen
Jika Anda pecinta tanaman bunga hias, konsep taman balkon dibawah ini bisa menjadi inspirasi. Warna-warni bunga yang indah menamah keindahan fasad rumah Anda.
Pemilik rumah menggunakan balkon rumah untuk berkebun sayuran sawi. Wadah pot memanjang bisa menjadi ide yang menarik.

Mengapa tidak memanfaatkan area teras balkon rumah untuk menanam sayuran. Pemilik rumah cerdas untuk memanfaatkan balkon untuk menanam tomat. Selain bisa membuat sejuk balkon, hasil berkebun di rumah bisa menjadi bahan makanan untuk keluarga Anda. Keren, kan?
taman minimalis di balkon
Kesan natural dan alami tercipta dari kombinasi lantai kayu dan batu kerikil putih. Tatanan taman mungil di balkon yang indah dan cozy.
membuat taman di balkon

Perpaduan lantai tegel dan warna putih pada dinding tercipta kesan santai pada balkon rumah ini. Deretan pot lebar berisi tanaman hias dan sayur bisa menjadi pemandangan yang sempurna. Jangan lupa manfaatkan dinding balkon untuk menempelkan aneka pot tanaman.
taman di balkon rumah
Desain taman balkon yang cantik, bukan? Pemilik rumah sangat kreatif untuk menata pot-pot tanaman yang diselingi dengan taman vertikal pada dinding.
desain taman di balkon
Area balkon lantai 2 akan terasa rapi dan indah dengan tatanan taman cantik seperti dibawah. Pemilihan desain dan ukuran pot yang berbeda-beda akan tercipta keindahan di balkon. Siapkah Anda berkebun tanaman hias seperti dibawah ini?
taman kecil di balkon
Anda bisa menggantungkan pot-pot yang dikaitkan pada pagar balkon. Taman sederhana dengan bunga matahari yang cantik.

contoh taman di balkon
Buatlah kanopi unik pada teras balkon dan pada celah-celahnya Anda bisa menempelkan aneka tanaman rambat yang membuat suasana menjadi indah. Anda juga bisa meletakkan tanaman lidah mertua dalam pot seperti foto dibawah.
design taman di balkon
 Tata area balkon rumah Anda dengan pot tanaman yang membuat suasana menjadi sejuk.


 Taman di balkon bisa diisi dengan aneka tanaman hias yang disusun vertikal seperti dibawah ini.

Bagaimana? Anda tertarik untuk membuat taman yang indah di balkon rumah Anda? Selamat mencoba

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 15 Ide Membuat Taman Di Balkon Rumah

2 komentar:

  1. makasih atas infonya sangat bermanfaat, dan jangan lupa kunjungi website kami http://bit.ly/2NkavPz

    BalasHapus