12 Tanaman Air Hias Untuk Kebun Rumah Anda

AtapCinta - Bosan dengan suasana kebun rumah Anda?

Bosan dengan kolam yang hanya berisi air dan ikan?

Apakah Anda ingin memiliki suasana taman yang eksotis?

Tanaman air dapat menjadi solusinya...

Bunga-bunga yang eksotis ditambah dengan daun-daun yang unik dari tumbuhan air bisa menjadi keindahan tersendiri. Aneka jenis tanaman hias air memiliki daya tarik yang kuat bagi Anda yang menyukai suasana asri dalam rumah.

Selain memberikan suasana yang lebih asri, bunga-bunga tanaman air dengan warna bervariasi membuat kolam taman Anda lebih dekoratif. Ya, memang tanaman air kerap digunakan untuk memperindah taman yang mempunyai kolam air pancuran, kolam air tenang, kolam rendam menyerupai rawa-rawa, maupaun model air terjun dinding.

Lalu, pertanyaannya: Apa saja tanamannya yang cocok?

Berikut ini kami suguhkan informasi lengkap mengenai dua puluh jenis tanaman air yang paling populer saat ini. Mulai dari bentuk fisiknya seperti daun,bunga dan tangkainya; hingga cara merawatnya agar sehat dan rajin berbunga.

JENIS TANAMAN AIR YANG INDAH UNTUK KEBUN RUMAH


1. Pandan Air (Pontederia Cordata)


Tanaman air berbunga ini mekar sepanjang tahun dan mencapai tinggi kira-kira satu meter lebih. Bunganya sangat indah, warnanya biru keunguan kecil-kecil berkerumun dalam tandan pada tangkai yang menjulang. Lihat gambar tanaman pandan air dibawah ini!
tanaman air hias

Tangkai panjang menopang daun yang terlihat seperti hati tapi memanjang 25 cm. Setiap tangkai pandan air sedikitnya memiliki 2-4 helai daun. Tanaman ini memerlukan sinar matahari secara terus-menerus dari pagi hingga siang hari.

2. Melati Air (Echinodorus Paleafolius)


Salah satu jenis tanaman hias air yang cukup diminati. Bunganya berwarna putih tumbuh berderet pada tangkai yang panjang dalam jumlah beberapa kuntum. Melati air akan mekar berbunga dipagi hari secara bergantian, setelah itu bunga akan menguncup. Jika kita menyentuhnya, daun melati air agak kaku, permukaan dan bagian bawah ditumbuhi bulu-bulu yang kasar.
tanaman air hias kolam

Melati air terdapat 3 macam bentuk daun yang dijumpai yaitu bulat besar, lonjong besar dan lonjong kecil berbercak. Masing-masing memiliki bunga yang sama, namun dengan ukuran tanaman yang berbeda. Kekurangan dari melati air adalah tidak tahan sinar matahari sepanjang hari. Warnanya akan berubah menjadi kekuning-kuningan jika terkena sinar matahari secara terus-menerus.

3. Papyrus Payung (Cyperus Alternifolius, Cperus Involucratus)

tanaman hias air tawar

Tanaman seleanjutnya dalah papyrus payung. Tanaman air mempunyai ciri khas diantaranya: tumbuhnya berkelompok, batang berbentuk segitiga dengan ketinggian 0,9- 1,8 meter. Ujung batangnya tumbuh sekitar dua pulu empat helai kelopak bunga menyerupai daun dan tersusun seperti jari-jari roda. Setiap helai kelopaknya mempunyai panjang sekitar 15- 30 sentimeter dan lebar 1-1,5 sentimeter.

4. Seledri Air (Oenanthe Javanica)


Bentuknya mirip daun seledri namun aromanya seperti wortel. Tidak percaya? Buktikan sendiri di kebun rumah Anda. Tanaman air ini bentuk daunnya oval dengan tepian bergerigi dengan panjangnya sekitar 2-5 sentimeter.

Warna seledri air yang mendominasi dari daunnya adalah hijau muda dengan sentuhan merah jambu dan putih.
tanaman hias air mancur

5. Pisang Air (Typhonodorum Lindyeyanum)

contoh tanaman hias air

Tentu saja tanaman ini menyerupai pohon pisang yang sering kita jumpai. Namun bedanya tanaman yang hidup dalam air ini berpadu dengan daun talas.

Pisang air mempunyai penampilan yang kokoh dengan mencapai ketinggian empat meter. Daunnya berbentuk oval dengan panjang sampai dengan 1,5 meter. Tepiannya berdaun gelombang, tersusun melingkar membentuk tajuk simeteris.


6. Calla Lily (Zantedeschia aethiopica)

cara merawat tanaman hias air

Jika Anda ingin tanaman hias berbunga yang harum, calla lily bisa menjadi pilihan terbaik. Tanaman ini bisa tumbuh keatas menjulang tinggi. Bunganya berwarna putih yang sekilas menyerupai corong dengan putik yang berwarna kuning.

7.Star Grass (Dichromena colorata)

tanaman hias hidup di air

Penampilan dari tanaman ini sekilas mirip rumput biasa. Namun jika Anda teliti lagi, maka Anda akan mendapatkan keunikan dari salah satu jenis tanaman dalam air ini.

Daun dan batang bunganya berbentuk memanjang dan menyempit. Bunganya khas dengan warna putih kecoklatan dengan kelopak bunganya panjang berwarna putih dengan ujung berwarna hijau.

Sekilas bunga dan kelopaknya berbentuk seperti bintang yang dapat memberikan keindahan pada kolam atau taman air rumah Anda.

8.Eceng Gondok


Salah satu jenis tanaman yang hidup di air yang mengapung. Sebenarnya tanaman ini diklasifikasikan sebagai gulma karena tumbuhnya sangat cepat dan sering memenuhi permukaan air sehingga mengganggu ketersediaan oksigen air.
jenis tanaman air hias

Namun karena bunga nya cukup unik, tanaman ini bisa dipilih untuk menjadi penghias taman rumah. Anda juga bisa menempatkannya ke dalam sebuah pot. Bentuk eceng gondok unik dengan batang daunnya yang menggelembung, berwarna hijau, berbentuk bulat yang berdiameter 5-15 sentimeter. Tumbuhnya tegak ke atas dengan bentuk bunga hampir mirip dengan bunga anggrek. Eceng gondok tumbuh secara berkelompok pada tangkai bunga setinggi 20-35 sentimeter.

9. Kol Air (Water Lettuce)

tanaman air untuk kolam hias

Salah satu jenis tanaman hias air tawar yang kian diminati pencinta tanaman air. Perawatan tanaman kol air ini tidak boleh menggunakan air terlalu banyak dan terkena sinar matahari secara langsung.

Mengapa? Karena daun tanaman ini akan cepat mati. Daunnya berwarna hijau yang tersusun secara melingkar dan bertumpuk-tumpuk. Tanaman ini cocok untuk penghias kolam ikan berukuran minimalis. Biasanya tanaman ini dipergunakan untuk tempat ikan-ikan hias untuk bertelur, karena mempunyai akar yang menggantung panjang kebawah air. Anda tertarik?

10. Teratai

tanaman hias yang tumbuh di air

Tentu Anda tak asing lagi dengan teratai. Tanaman ini memerlukan media air dan tanah untuk tumbuh, biasanya diletakkan dalam pot tanah liat yang melebar. Tanaman ini banyak dipelihara oleh pemilik rumah karena bunganya cantik ketika mekar.

Daun teratai akan semakin membesar dan terbentang diatas air seiring dengan bertambahnya zat makanan dan pupuk. Teratai bisa menjadi tanaman yang pas untuk keindahan area kebun rumah Anda.

11. Lotus

tanaman hias yang hidup didalam air

Tumbuhan yang hidup di air ini bisanya diletakkan dalam pot tanah liat yang menjulang tinggi. Bisa juga diletakkan dalam kolam air. Karakteristik daun dan bunga Lotus cukup unik. Daunnya berwarna hijau dan besar, namun ada pula yang kecil. Dengan ukuran daunnnya yag cukup lebar dan besar, biasanya digunakan untuk bungkus pepes makanan.

Bunga Lotus cukup besar, warnanya bervariasi, ada yang berwarna putih dan merah. Susanana indah akan tercipta ketika Anda melihat kolam taman Anda dihiasi bunga lotus yang bermekaran.


Dari gambar-gambar diatas, manakah tanaman hias air yang Anda inginkan di kebyn rumah Anda?

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 12 Tanaman Air Hias Untuk Kebun Rumah Anda

0 komentar:

Posting Komentar