11 Taman Belakang Rumah Yang Cantik

AtapCinta - Membuat taman indah didepan rumah, ah itu biasa. Namun, bila Anda mempunyai lahan kosong di belakang rumah jangan dibiarkan kosong dan terbengkalai.

Seluas dan sesempit apapun area belakang rumah, Anda bisa menyulapnya menjadi taman cantik seindah taman depan rumah. Disana, Anda bisa menjadikannya tempat bersantai sekaligus tempat berkumpul bersama anggota keluarga.

Lalu bagaimana memulainya?

Nah, saat Anda ingin menata taman belakang rumah pikirkan terlebih dahulu bagaimana Anda ingin melihat area tersebut?

Apakah Anda ingin melihat taman serba hijau dengan tanaman tanpa bunga? Apakah Anda ingin melihat landscape taman bernuansa hutan tropis dengan semak dan sulur-sulur? Atau apakah Anda ingin melihat halaman belakang dengan tanaman rambat berbunga yang indah?

Setelah Anda memikirkan konsep taman yang akan dibuat, barulah Anda bisa menuangkan ide kedalam sebuah layout taman yang sederhana. Cukup dengan kertas dan pena untuk menggambarkan ide tersebut agar taman Anda terkonsep dengan baik. Gambaran tersebut bisa saja mengenai tanaman yang akan ditanam, furniture taman seperti kursi dan meja taman, akesoris taman seperti lampu hias dan lain sebagainya.

Pokoknya tuangkan saja ide-ide Anda tersebut kedalam kertas layout Anda. Gambarnya tidak perlu bagus-bagus seperti seorang arsitek atau desainer, yang penting Anda mempunyai bayangan seperti apa penataan tamannya.


MARI BERKEBUN DI HALAMAN BELAKANG RUMAH


Langkah selanjutnya tentu saja membuat taman di belakang rumah sesuai dengan kebutuhan Anda. Ada poin pokok dalam membuat taman yang perlu Anda ketahui, yakni soft landscaping dan hard landscaping.

Soft landscaping dalam membuat taman meliputi proses yang dibutuhkan dalam meningkatkan tampilan taman, seperti penanaman pohon atau tanaman hias, semak belukar dan rumput taman pada area belakang rumah. Sedangkan hard landscaping meliputi pemasangan pagar dan pemasangan ubin atau patio taman.

Tentukan jenis tanaman yang cocok untuk area belakang rumah Anda. Anda bisa mengobservasi dahulu dengan melihat aneka gambar-gambar taman di buku-buku atau juga di website kami ini. Tanaman yang dipilih tentu saja sesuai dengan selera Anda. Yang terpenting pastikan sinar matahari menjangkau area taman belakang rumah Anda.

Jika Anda berencana menanam rumput taman yang hijau, berarti Anda memerlukan pengoles atau spreader dan garpu tanah. Spreader diperlukan untuk menyediakan permukaan lahan yang pas agar rumput atau bibit tanaman yang hendak Anda tanam bisa tumbuh di permukaan tanah tersebut. Jika halaman belakan rumah Anda minimalis, Anda cukup menggunakan spreader manual saja.

Untuk hard landscaping, peralatan yang dibutuhkan tergantung pada struktur yang Anda inginkan. Pada umumnya, alat-alat tersebut mencakup sekop, palu, gergaji, pemotong alat dengan listrik, alat pemadat, dan juga sarung tangan yang biasa untuk berkebun.

Jika Anda kesulitan dalam membuat desain taman belakang yang baik, jangan ragu untuk menanyakannya kepada ahli tukang taman yang berpengalaman.

Contoh Desain Taman Belakang


Berikut ini beberapa gambar taman belakang rumah yang bisa menjadi bahan inspirasi Anda dalam menata taman di rumah Anda.



Taman kecil belakang rumah dengan percikan air kolam mancur minimalis.

taman belakang

Halaman belakang rumah semakin segar dengan adanya taman indah seperti diatas.

taman belakang minimalis

Tanaman dalam pot bisa menjadi solusi lahan yang sempit. Pot-pot gantung pada gambar diatas merupakan ide yang baik. Area belakang rumah Anda akan semakin semarak dengan tanaman bunga dalam pot.

taman belakang rumah sederhana

Lanskap taman unik yang bisa menjadi area golf mini di belakang rumah.

taman belakang rumah mewah

Taman asri dan rimbun yang dekat dengan ruang makan. Lanskap taman belakang yang indah dengan kolam ikan dan air terjun minimalis disekitarnya. Cantik, bukan?

taman belakang rumah minimalis type 36

Pemilihan jenis tanaman yang pas dengan landscape yang indah. Tanaman vertikal pada dinding memperindah tampilan desain taman belakang rumah ini.

taman belakang rumah dengan gazebo

Jika halaman belakang luas, konsep kolam taman seperti gambar diatas bisa menjadi pilihan yang menarik. Penempatan gazebo dekat kolam menjadi tempat berkumpul bersama anggota keluarga menikmati asrinya taman belakang.

taman belakang sempit

Bentuknya yang memanjang, desain taman diatas sungguh cantik dengan tanaman perdu di sekelilingnya. Kursi santai dari kayu bisa menjadi furnitur favorit di area taman ini. Anda bisa bersantai sambil membaca buku dengan tenang dan nyaman.

taman asri belakang rumah

Taman kecil belakang rumah dengan penataan yang cantik. Penempatan meja dan kursi taman dari besi bisa menjadi area beristirahat yang sempurna. Deretan pot bunga minimalis juga memperindah tampilan halaman belakang rumah ini.


Lihat contoh desain taman diatas! Pemilik rumah merancang taman yang asri dengan hamparan tanaman hijau yang apik nan cantik. Terdapat tanaman pisang kipas dan cemara jepang yang diletakkan dekat kolam.

Bagaimana sudah ada gambaran dibenak Anda untuk membuat taman belakang rumah? Selamat Mencoba.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 11 Taman Belakang Rumah Yang Cantik

0 komentar:

Posting Komentar