11 Desain Rumah 3 Lantai Yang Bagus

AtapCinta - Ada banyak alasan orang merancang rumah tingkat 3 lantai. Selain karena lahan yang terbatas, estetika juga bisa menjadi alasan mengapa harus membangun rumah 3 lantai.

Rumah bertingkat apalagi 3 lantai ini memang terkesan kokoh, gagah dan megah. Namun, jangan sampai hanya karena gengsi semata Anda pun ikut-ikutan untuk membangun rumah 3 lantai. Karena rumah tingkat juga banyak kekurangan. Selain biaya membangun yang besar, ruang-ruang di tingkat atas (lantai 2 dan 3) akan menyulitkan anggota keluarga untuk berkumpul bersama.

Jadi, dalam membangun rumah tingkat 3 membutuhkan perencanaan awal yang tepat agar tercipta sebuah rumah yang nyaman bagi semua penghuni.

Lalu apa saja yang perlu diperhatikan untuk membangun hunian 3 lantai. Sebelum itu, mari kita lihat beberapa desain rumah 3 lantai tampak depan yang menginspirasi.


Kumpulan Model Rumah 3 Lantai Yang Menginspirasi



rumah 3 lantai


rumah 3 lantai mewah



rumah 3 lantai minimalis




rumah 3 lantai modern


rumah 3 lantai di jakarta



rumah 3 lantai tampak 2 lantai




rumah 3 lantai jakarta


desain rumah 3 lantai




denah rumah 3 lantai



rumah 3 lantai tampak depan


fasad rumah 3 lantai




Konstruksi Rumah 3 Lantai

Hal yang harus Anda perhatikan dalam mengembangkan ruang secara vertikal adalah konstruksi rumah asli. Perhatikan konstruksi rumah dengan cermat, karena biasanya rumah hanya didesain satu lantai saja, dengan kata lain: hanya menanggung beban satu lantai saja. Nah, agar aman, jangan ragu untuk konsultasi dengan arsitek atau tukang bangun rumah yang pengalaman dalam merancang rumah beringkat khususnya rumah 3 lantai ini.

Layout Ruangan


Pembuatan denah mengenai tata letak ruangan akan menjadi hal yang krusial sebelum Anda memutuskan membangun rumah vertikal 3 lantai.

Letakkan ruang bersifat privat di lantai 2 atau lantai 3, ruang semi privat dan publik di lantai bawah atau lantai kedua. Ruang privat seperti kamar tidur dan kamar mandi utama. Ruang publik seperti ruang tamu, ruang keluarga dan ruang dapur.

Layout ini berguna agar tercipta kenyamanan penghuni rumah ketika beraktivitas.

Estetika Rumah


Nilai estetika rumah bisa diciptakan dari keseimbangan dan keselarasan pada tampilan. Contohnya, tampilan fasad rumah.

Pastikan fasade atau tampak depan rumah senada antara lantai bawah dan atas.

Selain itu, hadirkan elemen yang menggabungkan dari lantai satu ke lantai dua hingga lantai ketiga.

Tata Cahaya


Jangan sampai rumah tingkat 3 lantai yang akan Anda buat tertutup akses cahaya matahari untuk masuk ke lantai bawah sehingga ruangan ini akan menjadi lembab dan tidak sehat.

Akses Antar Lantai


Perhatikan akses atau jalan menuju lantai dua dan tiga atau sebaliknya. Peletakan tangga sebaiknya mudah untuk diakses namun tidak terlalu terbuka karena bisa memberi kesan yang sempit. Jangan lupa untuk memastikan standar keamanan dan kenyamanan tangga rumah untuk penghuni rumah.


Pemandangan Yang Tercipta


Lantai dua dan tiga pada hunian bertingkat tiga ini mempunyai potensi pemandangan atau view yang bisa dimaksimalkan. Jadi, manfaatkan potensi luar ruangan dengan memperhatikan tata letak ruang. Misalnya, mengatur area jendela dan balkon pada lantai atas.

Bagaimana?  Anda tertarik untuk membangun rumah 3 lantai? Pastikan hal-hal yang kami sampaikan diatas untuk dipertimbangkan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 11 Desain Rumah 3 Lantai Yang Bagus

0 komentar:

Posting Komentar