11 Denah Rumah Tipe 21 Berukuran Mungil

AtapCinta - Saat ini pembangunan rumah dengan dimensi kecil pada ruang terbatas masih menjadi pilihan bagi masyarakat kita. Tipe rumah 21/60, 21/72 dan type 36/72 merupakan type rumah yang banyak diminati oleh golongan masyarakat menengah kbawah. Rumah tipe 21 sesuai untuk keuarga muda yang sudah memiliki kebutuhan mendesak untuk membeli rumah, namun daya belinya masih terbatas.

Pada rumah bertipe 21, biasanya terdapat 3 ruang yakni ruang serbaguna, 1 ruang tidur dan 1 area kamar mandi. Mengingat luas rumah sangat terbatas, luas ruangannya pun cukup dengan menggunakan luasan ruang minimalis. Berikut luas ruang pada rumah tipe 21:


  1. 1 kamar tidur ukuran 2,5 meter x 3 ,5 meter persegi
  2. 1 area serbaguna 3 meter x 3,9 meter persegi
  3. 1 kamar mandi dan WC: 2,25 meter persegi

Luas sisa di lahan tipe rumah ini biasanya dipergunakan sebagai teras. Meskipun ukurannya sempit, teras bagian depan biasanya dimanfaatkan untuk menerima tamu, sementara teras bagian belakang digunakan sebagai area dapur atau tempat storage. Bagi pasangan muda yang belum mempunyai anak, ruang-ruang pada tipe 21 ini dianggap cukup untuk memenuhi kebutuhan ruang bagi dua orang penghuninya.

Kumpulan Denah Rumah Type 21


Berikut ini beberapa gambar rumah tipe 21 yang bisa menjadi referensi Anda dalam mendesain rumah impian berukuran kecil.


denah rumah tipe 21




rumah tipe 21


rumah type 21 murah




rumah tipe 21 berapa meter



rumah type 21 tingkat


rumah type 21 lantai 2



rumah type 21 sederhana



rumah type 21 mewah



rumah type 21 minimalis


Untuk mendapatkan kenyamanan pada rumah mungil tipe 21 ini, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Sistem Ventilasi Yang Baik


Pergerakan udara dalam ruang perlu Anda perhatikan dengan baik. Jangan sampai ruangan terkesan sumpek sehingga ruangan terasa membuat gerah penghuni rumah. Cara paling ideal adalah melalui pengudaran silang, yakni mengupayakan agar semua ruangan bisa berhubungan langsung dengan ruang luar dengan mamanfaatkan bukaan yang ada pada setiap ruangan.


Fungsi Ruang Yang Baik


Untuk mendapatkan sistem peruangan yang nyaman pada rumah type 21 ini maka diupayakan adanya ruang wajib, diantaranya:


  • Ruang tamu (bisa juga berfungsi sebagai ruang keluarga)
  • Kamar tidur
  • Dapur dan ruang makan
  • Kamar mandi
  • Tempat cuci dan jemur
  • Pembatas Ruang Yang Baik


Rumah mungil di lahan terbatas ini sebaiknya tidak menggunakan pembatas masif dan tingginya mencapai plafon. Pembatas ruang untuk hunian tipe minimalis ini menggunakan pembatas "transparan", yakni menggunakan bahan yang berfungsi ganda--contoh partisi dinding, rak dua sisi yang tembus pandang,dan juga credenza.

Interior Rumah tipe 21 Yang baik


Untuk ruangan berukuran minimalis sebaiknya menggunakan material yang berdimensi minimalis dengan corak polos yang sederhana. Warna-warna interior sebaiknya menggunakan warna yang lembut dan terang, misalnya hijau apel, putih dan beige.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 11 Denah Rumah Tipe 21 Berukuran Mungil

0 komentar:

Posting Komentar