11 Denah Rumah 3D Sederhana 1 dan 2 Lantai

AtapCinta - Dalam mempersiapkan sebuah hunian rumah tinggal, pembuatan denah sangatlah penting. Dari gambar denah rumah inilah kita bisa membaca bentuk, model atau wujud rumah kita nantinya.

Pada intinya, merancang denah rumah 3d harus seseuai dengan keinginan pemilik rumah. Untuk itu, ada beberapa panduan penting yang sebaiknya diikuti agar dalam perencanaanya tidak terlalu melenceng dari apa yang dibayangkan nantinya.

1. Perhatikan jumlah penghuni rumah


Jumlah penghuni anggota rumah akan menjadi dasar utama dalam mengalokasikan kebutuhan ruang yang dibutuhkan. Hal ini juga bisa menjadi pertimbangan dalam pengembangan rumah nantinya, misalnya untuk dibuat bertingkat.

2. Perhatikan kebutuhan ruang penguni rumah


Setelah jumlah penghuni rumah diketahui, mulailah mereka-reka kebutuhan luas ruang yang sesuai dengan kebutuhan anggota keluarga pemilik rumah tersebut.

3. Kenali fungsi ruang


Kebutuhan ruang sudah diidentifikasi, maka langkah selanjutnya adalah memastikan kejelasan fungsi dan kegunaan ruang tersebut. Hal ini bisa menjadi bahan pertimbangan adanya kemungkinan menyatunya ruang-ruang yang fungsinya sama. Tentu saja ini akan berguna dalam membuat alur sirkulasi ruang pada denah rumah 3d kita.

4. Kenyamanan dan kemanan rumah


Fungsi ruang sudah terdata dengan baik, langkah selanjutnya adalah memikirkan kenyamanan dan kemanan penggunaan ruang tersebut. Misalnya, pengaturan penempatan pintu dan jendela rumah, tatabletak perabotan di interior rumah, dan lain sebagainya.

Setelah keempat aspek diatas diperhatikan, maka akan diperoleh sebuah perancangan denah rumah 3d yang baik dan sesuai dengan keinginan pemilik rumah.


Contoh Perancangan Denah Rumah 3D Sederhana 1 lantai di lahan 60-100 m persegi


Nah, berikut ini juga ada beberapa denah rumah 3 dimensi yang bisa Anda jadikan referensi dalan merancang sebuah hunian idaman keluarga.



denah rumah 3d




denah rumah 3d 2 lantai


denah rumah 3d 4 kamar



denah rumah 3d 3 kamar tidur




denah rumah 3 dimensi



denah rumah 3d sederhana


denah rumah 3d 2 kamar tidur



denah rumah 3d 2 kamar




denah rumah 3d 1 lantai 2 kamar



denah rumah 3d 1 lantai 3 kamar tidur



Sebagai contoh Anda ingin membuat denah rumah 3d 1 lantai di lahan 60-100 meter persegi, maka pertimbangannya sebagai berikut:

  • Rumah ini hanya sesuai untuk keuarga kecil dan tidak disarankan untuk keuarga yang memiliki jumlah anggota lebih dari 4 orang
  • Rumah pada lahan ini hanya mempunyai dua kamar tidur dan satu kamar mandi untuk bersama
  • Area carport rumah mempunyai luas yang cukup hanya untuk satu mobil saja
  • Untuk sirkulasi udara yang baik, maka semua ruang harus mempunyai bukaan kearah luar rumah
  • Bagian teras depan rumah didesain agak lebar supaya bisa digunakan sebagai area penerima tamu
  • Luas bangunan ada baiknya tidak melebihi 60 % dari luas lahan
  • Bisa mempertimbangkan adanya halaman belakang sebagai area pengembangan rumah tinggal dan juga area untuk jemur pakaian.
  • Setelah pertimbangan-pertimbangan diatas dikalkulasikan, maka Anda bisa menerjemakannya ke dalam sebuah denah rumah 3d.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 11 Denah Rumah 3D Sederhana 1 dan 2 Lantai

0 komentar:

Posting Komentar