11 Contoh Kitchen Set Sederhana Untuk Dapur Kecil

AtapCinta - Aplikasi konsep minimalis sederhana pada kitchen set tidak jauh berbeda dengan konsep minimalis pada bangunan rumah. Konsep ini menekankan adanya suatu kesederhanaan dalam detail untuk menciptakan desain kitchen set yang sesuai dengan fungsi dan kebutuhan yang diinginkan.

Jika Anda berniat membuat kitchen set sederhana untuk dapur rumah Anda maka ada beberapa aspek yang harus Anda pahami sebelum mengambil keputusan, baik dalam menentukan desain maupun material untuk finishing-nya.

Berikut ini penjelasan singkatnya..

Pertimbangkan Luas Dapur


Perhitungkan luas tempat dimana Anda akan meletakan kitchen set. Dengan mengetahui luas area dapur, Anda bisa menganalisis apa saja yang penting dan tidak terlalu penting untuk ada di kitchen set dapur. Jika hunian Anda berlahan sempit, sebaiknya dahulukan kelengkapan utama seperti kabinet atas, kabinet bawah, kompor gas dan tempat cuci piring.

Kabinet atas untuk menyimpan aneka peralatan seperti piring, gelas, pisau dan peralatan kecil dapur lainnya. Sedangkan kabinet atas untuk menyimpan penggorengan, panci dan alat masak besar lainnya.

Pengukuran luas ukuran kitchen set menjadi penting supaya dapur terkesan rapi dan efesien.


Bahan Material Dasar Kitchen Set


Material dasar dalam pembuatan kitchen set dapur bervariasi diantaranya: plywood, particle board, MDF dan block board. Kami menyarankan untuk menggunakan bahan multiplex atau plywood karena tahan terhadap rayap, tahan lama dan kuat untuk pemasangan sekrup. Namun Anda juga bisa menggunakan bahan lainnya seperti kayu solid (jati,meranti). Kekurangan dari bahan dasar ini adalah biaya yang cukup mahal. Jadi pastikan dahulu budget yang Anda miliki. Harga kitchen set tergantung dari bahan dasar yang dipakai, jadi bijaklah!

Material Finishing Kitchen Set


Gunanya selain membuat kitchen set menjadi indah, finishing juga bisa melindungi bahan dasar kitchen set dari kerusakan. Di pasaran, material finishing untuk kitchen bervariasi mulai dari HPL, Deco Sheet dan Duco. Yuk kita bahas kelebihan dan kekurangan nya masing-masing.

Material HPL (High Pressure Laminate) ini berbahan plastik tipis yang cukup populer digunakan pemilik rumah. Cara pemasangan material ini cukup direkatkan menggunakan lem. Kitchen set HPL ini mudah untuk dibersihkan dan tahan terhadap minyak dan panas.

Material melamic merupakan finishing berbentuk cairan yang disemprot sebagai pelapis luar furnitur. Kekurangan dari finisihing ini adalah memerlukan perawatan yang khusus, yaitu jangan sampai permukaanya basah atau jarang dibersihkan. Mengapa? Karena bisa menjadi tempat jamur berkembang biak.

Cat duco bisa menjadi finishing yang terbaik karena bisa membuat kitchen set menjadi elegan dan hasilnya tampak lama. Cat duco bisa dipilih dalam berbagai macam efek seperti glossy atau doff. Namun, material finishing ini paling mahal diantara yang lainnya.

Deco sheet merupakan finishing tempel dengan bahan yang elastis dan tipis, dan biasanya mempunyai motif urat kayu.  Bahannya fleksibel dan bisa menyesuaikan bentuk kitchen set dan tidak mudah terkelupas. Namun karena bahannya yang tipis, material decosheet ini tidak tahan terhadap panas dan minyak, jadi lebih sesuai sebagai pelapis kabinet kitchen set bagian atas.

Desain Kitchen Set


Dalam menentukan model dapur kitchen set, tetap perhatikan luas area dan kebutuhan yang ada. Gunakan bentuk-bentuk geometris seperti kotak atau lingkaran. Bentuk-bentuk ini mencerminkan kesederhanaan. Bentuk kotak dan lingkaran dalan design kitchen set dapat diaplikasikan dalam bentuk lemari kabinet, top table atau aksesoris lainnya.

Hindari detail-detail yang rumit yang tidak terlalu berguna. Detail ini bisa berupa bidang massa dan aksentuasi. Misalnya, jika memang tidak diperlukan kabinet atas sebanyak tiga susun maka cukup gunakan satu atau dua sisi saja. Untuk aksentuasi, hindari detail berupa profil atau ukiran yang telalu rumit. Jika Anda menginginkan adanya aksen, bisa gunakan bentuk garis atau kotak sederhana. Desain sepeti itulah yang sesuai untuk kitchen set untuk rumah model minimalis.

Berikut ini beberapa ide desain kitchen sederhana yang bisa menjadi bahan inspirasi Anda dalam membuat kitchen set idaman.



kitchen set sederhana



kitchen set sederhana buatan sendiri




kitchen set sederhana untuk dapur kecil



kitchen set sederhana dari kayu


model kitchen set sederhana




contoh kitchen set sederhana



membuat kitchen set sederhana



gambar kitchen set sederhana



kitchen set sederhana harga


kitchen set sederhana murah




Jangan Berlebihan Menggunakan Warna


Desain sederhana minimalis identik dengan sesuatu yang netral dan simpel. Oleh karena itu, warna-warna seperti abu-abu, putih dan hitam cenderung dijadikan pilihan utama. Anda juga bisa menggunakan warna-warna lainnya asalkan tidak berlebihan. Gunakan maksimal dua kombinasi warna, satu warna netral dan satu warna aksen. Untuk warna aksen bisa dipilih sesuai dengan selera pemilik rumah.

Walaupun membuat kitchen set sederhana, proses pembuatannya memerlukan keahlian khusus. Seperti ahli perajin kayu, bangunan hingga teknisi listrik. Jadi, jangan ragu untuk bertanya kepada jasa kitchen set jika Anda tidak telalu paham soal perkiraan biaya, pemilihan bahan dan teknik pembuatan kitchen set. Selain itu perbanyak referensi gambar kitchen set yang menarik yang bisa menjadi ide pembuatan yang sesuai untuk dapur Anda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 11 Contoh Kitchen Set Sederhana Untuk Dapur Kecil

0 komentar:

Posting Komentar