13 Batu Stepping Stone Pijakan Taman Yang Unik

AtapCinta - Taman yang indah adalah taman yang terlihat hijau dan sejuk.

Apalagi jika taman tersebut di desain bergaya patio, pastinya akan membuat semua orang bisa berlama-lama di sana.

Namun, keindahan suatu taman tak lengkap tanpa adanya batu pijakan taman atau stepping stone. Batu pijakan ini sangat bermanfaat sekali untuk taman yang diselimuti oleh rumput hijau.

Jadi, agar rumput selalu terlihat hijau dan indah, maka jalan satu-satunya adalah dengan memberi batu pijakan taman.

Pada umumnya, terdapat dua istilah yang perlu Anda ketahui, yakni jalan setapak (pathway) dan pijakan (stepping stone). Jalan setapak taman rumah (pathway) berupa jalur utuh yang tidak mudah untuk dipindah-pindahkan dan lebih permanen.

Sementara pijakan (stepping stone taman) biasanya terdiri dari bagian-bagian yang terpisah, yang membentuk satu rangkaian jalur. Umumnya material pijakan dihamparkan begitu saja di atas permukaan tanah taman tanpa harus diperkuat dengan semen atau sejenisnya.

Selain untuk menyelamatkan rumput yang berada di taman, batu pijakan juga bisa menambah nilai estetika dari taman tersebut. Terlebih, jika batu pijakannya dibuat serasi dengan desain taman, maka kesan indahnya akan semakin terpancar.

Ya, memang benar, tujuan utama dari penggunaan batu pijakan adalah memperindah tampilan penataan taman dan membantu membuatkan arah jalan dari rumah ke taman.

Jenis Batu Pijakan Taman


Batu stepping stone taman sendiri mempunyai bermacam-macam jenis. Namun, saat ini yang paling populer hanya empat, di antaranya batu bulat, batu kotak, batu andesit, dan batu alam Purwakarta. Harga batu pijakan taman pun berbeda-beda setiap jenisnya.

Untuk batu bulat dan batu kotak biasanya terbuat dari batu alam biasa. Ukuran diameter keduanya berkisar antara 30 cm hingga 40 cm. Batu-batu seperti ini sering kali dihias dengan warna bervariasi. Namun, banyak pengguna yang lebih tertarik dengan warna netral seperti warna asli batu sendiri, hitam, dan putih.

Sementara batu andesit biasanya mempunyai lebih banyak varian ukuran, seperti 20 cm, 30 cm, 40 cm, dan 60 cm. Harga batu andesit juga lebih mahal karena persatu batunya dihargai Rp 350.000.

Sedangkan, harga dua batu bulat dan batu kotak hanya Rp 22.000 per batu. Kalau mau pilihan yang lain, Anda bisa menggunakan batu alam Purwakarta. Sayangnya, ukuran dari batu alam Purwakarta sangat terbatas, yakni hanya 20 cm saja.

Batu pijakan taman tadi bisa dibeli di pasaran. Namun, jika dirasa terlalu mahal, Anda juga dapat membuatnya sendiri.


Cara Membuat Pijakan Taman


Pada umumnya, bentuk batu pijakan taman biasanya hanya terdiri dari beberapa bentuk, yaitu bulat dan persegi atau persegi panjang. Jadi, kalau Anda ingin membuatnya, Anda tinggal menyiapkan satu cetakan saja, bulat atau persegi.

Setelah menyiapkan cetakan yang dikehendaki, Anda tinggal menaruh adukan semen dengan ketebalan 5-7 cm. Kemudian, Anda bisa mempercantik bagian permukaannya dengan ornamen batu-batu alam dan kerikil.

Untuk tahap ini, Anda membutuhkan sedikit kreativitas agar batu pijakan taman Anda terlihat menarik. Atau jika Anda bingung mau dihias seperti apa, Anda bisa menaburkan batu koral kecil merata di seluruh permukaan batu pijakan.

Jangan lupa, sebelum batu pijakan benar-benar kering, Anda harus membersihkan batu koral agar terlihat lebih indah dan tak tercampur semen lagi. Cara membersihkannya cukup mudah, yakni menggunakan sikat.

Satu hal lagi, yang tak boleh terlupa, Anda juga disarankan untuk membuat pembatas di bagian pinggir batu pijakan selebar 5 cm agar batu koral tidak mudah lepas.

Masih bingung? Nah, mungkin gambar dibawah ini bisa menjadi tips lagi buat Anda yang ingin membuat stepping stone sendiri dengan mudah. Buat yang sederhana saja dahulu, anak SD pun bisa.

cara membuat pijakan taman

  1. Persiapkan bahan-bahan yang diperlukan, diantaranya: semen, pasir, air, sendok semen, ember dan wadah pengaduk.
  2. Campurkan semen, pasir, dan air dengan perbandingan secukupnya kemudian diaduk rata.
  3. Untuk cetakan Anda bisa mengambil daun yang lebar, seperti daun talas, kemudian tuang adukan diatasnya sampai rata.
  4. Jemur hasil cetakan tadi sampai kering kemudian lepaskan daun.
  5. Gali tanah secukupnya lokasi yang akan dipasang batu pijakan.
  6. Dan Anda pun sudah memiliki taman unik dengan stepping stone yang sederhana tapi keren.

Galeri Batu Stepping Stone Untuk Taman Yang Bagus




Anda pasti akan senang untuk menyusuri taman melalui batu pijakan berbentuk kupu-kupu seperti dibawah.
pijakan taman

Bentuk persegi dengan pola bebatuan yang menarik.
pijakan taman minimalis

Batu Stepping stone berbentuk dedaunan. Amazing!
batu pijakan taman

Batu pijakan unik berbentuk pola hati untuk taman rumah Anda. Cantik, kan?
pijakan kaki taman

Batu-batu yang disusun tidak menempel satu sama lain yang membentuk jalur setapak yang indah. Sungguh lanskap halaman rumah yang cantik.
harga pijakan taman

Batu pijakan diatas terdiri dari beragam jenis batu mulai dari batu berukuran kecil yang disebar merata hingga potongan batu kali yang besar. Sungguh menjadi kombinasi warna yang menarik, bukan? Anda juga bisa memanfaatkanya menjadi area pijat refleksi kaki sambil melihat-lihat bunga yang mekar di taman.
gambar pijakan taman

Batu stepping stone dibawah terdiri dari susunan batu andesit dengan bentuk dan ukuran yang berbeda-beda.
membuat pijakan taman

Jika Anda mempunyai biaya lebih, pathway taman model mozaik batu abstrak diatas bisa menjadi pilihan. Kami jamin Anda akan betah untuk berkebun di halaman rumah.
jual batu pijakan taman

Anda punya banyak pecahan tegel lantai? Manfaatkan menjadi batu stepping kebun/taman rumah Anda. Susunlah sesuai dengan lanskap yang Anda inginkan.
pijakan batu taman

Contoh aplikasi stepping stones untuk kolam taman yang menggunakan batu pipih. Jenis batu ini sangat pas untuk dibuat jalan dalam taman. Anda dapat pula membuatnya meninggi dari tanah sekitarnya. Anda bisa menyusuri indahnya aneka tanaman hias air di area kolam rumah menggunakan batu pijakan ini.
pijakan kaki di taman

Taman minimalis rumah Anda akan terlihat cantik dengan stepping stone dari susunan batu hias.
batu pijakan di taman

batu pijakan untuk taman
Jika Anda menginginkan kesan natural pada halaman taman Anda, maka pilihlah lempengan batu yang lebar. Anda bisa memilih jenis batu kali, batu padas dan lain sebagainya.

Nah itulah, beberapa contoh stepping stone taman dan tips cara membuat batu pijakan taman.

Jangan ragu untuk menanyakan kepada ahli taman yang Anda percaya. Batu steping banyak tersedia di toko-toko perlengkapan taman dan batu.

Semoga taman Anda lebih indah dengan adanya batu pijakan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 13 Batu Stepping Stone Pijakan Taman Yang Unik

0 komentar:

Posting Komentar